Pages

Subscribe:

35 Jalur Bertarung di Tepian Gudang Pulau Gobah

SUNGAI PINANG (RP) - Sebanyak 35 jalur dari tiga kecamatan memastikan ikut dalam pacu jalur rayon II di Tepian Gudang Pulau Gobang Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan. Pacuan jalur rayon II di Kecamatan Hulu Kuantan ini dibuka langsung Bupati Kuansing, Kamis (15/7) siang.

Selain Bupati H Sukarmis, hadir Ketua DPRD Muslim SSos, Wakil Bupati Drs H Mursini MSi, Kasdim 0302 Inhu, Asisten, Kepala Dinas, kepala badan, camat, kabag, serta penghulu dan masyarakat Hulu Kuantan yang membanjiri arena pacu jalur.
Pembukaan pacu jalur rayon II di Kecamatan Hulu Kuantan ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Bupati Kuansing H Sukarmis, penyerahan pendayung dan piala bergilir Bupati Kuansing kepada panitia jalur.
Menurut Ketua Umum Panitia Pacu Jalur rayon II Kecamatan Hulu Kuantan Syamsudin Hasbi menyebutkan, pacu jalur mengandung makna filosofis yang tinggi, yakni kegotong-royongan, sportivitas untuk melestarikan tradisi dan budaya pacu jalur ini.
Pada 2010 ini, sebanyak 35 jalur ikut ambil bagian. Mereka berasal dari Kecamatan Hulu Kuantan sebagai tuan rumah sebanyak 12 jalur, Kecamatan Kuantan Mudik 15 jalur dan Kecamatan Gunung Toar sebanyak 8 buah jalur. Syamsudin Hasbi berharap pelaksanaan pacu jalur di Hulu Kuantan bisa berjalan dengan tertib, aman dan lancar.
Hal ini juga diungkapkan Camat Hulu Kuantan Drs Akhyan Armofis. Menurutnya, pelaksanaan pacu jalur di tingkat Kecamatan Hulu Kuantan setiap tahun terus dilaksanakan. Tahun 2009 lalu, Kecamatan Kuantan Mudik menjadi tua rumah rayon II, dan di tahun 2010 ini Kecamatan Hulu Kuantan yang menjadi tuan rumah pelaksanaan.
Dikatakannya, pada tahun ini Kecamatan Hulu Kuantan sangat bersyukur. Karena kue pembanguna di Hulu Kuantan dirasakan lebih merata diperoleh. Bahkan saat ini tak ada desa di Hulu Kuantan yang tidak mendapatkan kue pembangunan. Untuk itu, Akhyan mengajak agar masyarakat Kecamatan Hulu Kuantan berterimakasih atas apa yang sudah dilakukan Pemkab Kuansing.
Bupati Kuansing H Sukarmis sendiri saat pembukaan pacu jalur rayon II di Tepian Gudang Pulau Gobah menyebutkan, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi. Pada tahun ini, kegiatan pacu jalur tingkat kecamatan dilaksanakan tiga rayon. Pertama di Kecamatan Inuman, rayon II di Kecamatan Hulu Kuantan dan rayon III di Kecamatan Pangean.(dac).Source:Riaupos.com