Pages

Subscribe:

45 Jalur Ikut Semarakkan Pacu Jalur Inuman

TELUK KUANTAN (RP) - Sebanyak 45 jalur akan meramaikan pelaksanaan pacu jalur rayon I yang di gelar di Kecamatan Inuman. Mereka akan turut memperebutkan hadiah uang tunai dan piala bergilir yang cukup besar disediakan panitia pacu jalur.

Hal ini diungkapkan Camat Inuman Drs Yulpides dan Ketua Panitia Pacu Jalur rayon I, Kecamatan Inuman Aherson SSos menjawab Riau Pos, Ahad (4/7) di Teluk Kuantan. Yulpides mengatakan, 45 jalur yang akan ikut dalam pelaksanaan pacu jalur rayon I di Kecamatan Inuman berasal dari Kecamatan Kuantan Tengah sebanyak tujuh jalur, Kecamatan Benai sebanyak enam jalur, Kecamatan Pangean sembilan jalur, Kecamatan Kuantan Hilir 15 jalur, Kecamatan Inuman lima jalur, Kecamatan Cerenti dua jalur dan kecamatan tetangga yakni Peranap mengirimkan satu jalur.
Dikatakannya, kalau saat ini tengah dilangsungkan pencabutan undian pacu jalur di Kantor Camat Inuman. Sementara itu, Ketua Umum Panitia Pacu Jalur Inuman Aherson menyebutkan, sesuai hasil rapat panitia pacu jalur, hadiah yang disediakan panitia pacu jalur cukup besar.
Untuk juara I, panitia menyediakan uang pembinaan sebesar Rp10 juta, Juara II Rp8 juta, juara III Rp6 juta, juara IV Rp4 juta, juara V Rp2,5 juta. Sementara untuk peringkat VI hingga X, masing-masing jalur mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp500 ribu.
Di samping itu, untuk juara I selain piala bergilir juga berhak mendapatkan piala tetap. Juara II, III, IV, V ditambah piala tetap. Panitia juga menyediakan tonggol juara I hingga X. Sesuai dengan keputusan panitia pacu jalur bersama Pemerintah Kecamatan Inuman, pelaksanaan pacu jalur Kecamatan Inuman akan di buka langsung Bupati Kuansing H Sukarmis, Senin (5/7).
Pembukaan akan dilangsungkan di halaman Kantor Camat Inuman. Usai pelaksanaan pembukaan, rombongan Bupati Kuansing H Sukarmis setelah makan siang dan salat zuhur, di daulat untuk melakukan pelepasan hilir pertama pacu jalur rayon I di Kecamatan Inuman 2010.
Semua persiapan, sudah tuntas disiapkan panitia, masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Inuman. Sebagai kecamatan pertama yang menjadi tuan rumah pelaksanaan pacu jalur rayon tingkat Kecamatan Inuman, Aherson menyebutkan, kalau Kecamatan Inuman akan berupaya menampilkan yang terbaik. Baik dari segi pelaksanaan perpacuan jalur maupun penyemarakannya. Pacu jalur Kecamatan Inuman ini akan dimeriahkan dengan kesenian daerah khas Kecamatan Inuman.(dac) .Source;Riaupos.com