Pages

Subscribe:

Kelahiran GYM , Sebuah Geliat Hijau di Kuantan Singingi


Senang rasanya,,,
Serasa punya sahabat baru, serasa punya saudara baru…Ketika mengelola program usaha perlindungan sungai Kuantan ( Harmonisasi untuk Kuantan - Kuantan Cares ) di Kuantan Singingi. Rasanya sangat berat saat seorang diri memimpikan, merancang dan mempromosikan program itu di tengah-tengah remaja Kuantan Singingi, sendiri bermimpi seringkali membuat cita-cita serasa berubah menjadi khayalan,, tapi saat hari H tiba, saat tenda-tenda didirikan, saat bibit dan pupuk di tumpuk, .... ternyata ada adik-adik  dari SMK 3 , SMK 2 dan MAN yang sangat bersemangat menanam pohon ditambah lagi guru-guru pembina mereka yang sangat luar biasa, juga dukungan dari Pak Ardi Nashri Kepala Dinas Kehutanan  Kabupaten Kuantan Singingi yang setiap harinya selalu menanam pohon lebih dari 10 batang (soal menanam pohon ternyata bapak ini lebih rajin dibandingkan dengan aktivis lingkungan hidup manapun di kabupaten Kuantan Singingi).  Berkat mereka semuanya terasa jadi lebih mudah. Tebing sungai sepanjang1.5 KM digarap tuntas hanya dalam waktu 3 jam.
Semangat terasa makin menggebu-gebu,, ketika ratusan bibit di pinggiran sungai Kuantan menyuarakan harapan baru untuk ketersediaan suply oksigen di dunia, harapan baru untuk tumbuhnya pohon dengan akar-akar kokoh penahan abrasi DAS, tapi alam berbicara lain, curah hujan yang luar biasa dalam beberapa hari membuat sungai Kuantan meluapkan air nya kemana-kemana. Alhasil .. semangat dan harapan hancur lebur di hantam banjir bersamaan dengan terendamnya ratusan bibit pohon yang ditanam. Kecewa rasanya membayangkan usaha , kerja keras dan semangat dari seluruh peserta. Apalagi saat membayangkan wajah-wajah ceria peserta yang sibuk bercerita tentang pohon yang mereka tanam. Nanti akan jadi sebesar apa, nanti akan di pamerkan ke teman-teman, bahkan ada yang sampai berencana nanti akan mengajak anak-anak mereka untuk melihat pohon yang mereka tanam hari itu.
Merencanakan ulang penanaman terasa sangat berat, apalagi harus memulai lagi semuanya dari awal dan seorang diri. Membayangkan harus memotivasi kembali teman-teman yang mulai kehilangan semangat. Mengontak ulang dukungan-dukungan yang ada sambil menceritakan kegagalan kegiatan kemarin. Semuanya terasa sangat berat. Tapi ... setidak-tidaknya di antara semua hal yang memberatkan itu ada satu hal yang membuat ringan dan sangat menyenangkan.
Rasanya sangat menyenangkan melihat adik-adik mantan peserta Harmonisasi untuk Kuantan - Kuantan Cares ( Siswa/i MAN Teluk Kuantan ) menunjukkan keseriusan mereka untuk menjadi penggiat lingkungan hidup dengan mengukuhkan diri menjadi sebuah kelompok penggiat lingkungan hidup. Kelompok ini mereka beri nama GREEN YOUNG MOSLEM (GYM). Lebih menyenangkan lagi adalah saat mengetahui mereka terpilih sebagai Duta Lingkungan Hidup untuk wilayah Kabupaten Kuantan Singingi setelah lolos dari seleksi Green Student Ambassador yang diadakan Riau Pos ( meski mereka gagal untuk menjadi finalis propinsi ).
Selamat buat adik-adik di GYM Man Teluk Kuantan,, selamat menjadi Duta Lingkungan Hidup Kuantan Singingi, Selamat bergabung dalam usaha perlindungan lingkungan hidup, Selamat menjadi mitra untuk setiap usaha perlindungan lingkungan di Kuantan Singingi. Kelahiran kalian adalah sebuah geliat bagi lahirnya gerakan sosial masyarakat untuk melestarikan lingkungan hidup di Kuantan Singingi dan  Setiap aktifitas kalian akan menajdi harapan bagi kelestarian Lingkungan Hidup di Negri kita.


Source: www.facebook.com