Pages

Subscribe:

35 Jalur Rayon III Pangean Melangkah ke Hari Kedua

35 Jalur Rayon III Pangean Melangkah ke Hari Kedua

PANGEAN (RP) - Sebanyak 35 jalur akhirnya lolos ke putaran kedua yang akan berlangsung Selasa (20/7) petang di Tepian Rajo Pangean. Mereka berhasil lolos setelah harus berjuang keras menyisihkan lawan-lawannya yang ikut pacu jalur rayon III di Kecamatan Pangean ini sebanyak 70 buah jalur.

Jalannya pacu jalur hari pertama ini disaksikan langsung Bupati Kuansing H Sukarmis, Camat Pangean Asmari SSos bersama sejumlah camat di Kuansing lainnya yang jalur-jalurnya ikut turun ambil bagian. Selain itu, nampak juga H Nayarlis salah seorang Tokoh Masyarakat Pangean Sukemi SAg, Rustam Efendi mantan anggota DPRD Kuansing asal Pangean, sejumlah kepala dinas, badan di lingkungan Pemkab Kuansing.
Hiruk pikuk penonton sebagaimana layaknya jalannya perpacuan jalur, kembali terdengar hingar binggar. Mereka memberikan dukungan pada jalur-jalur mereka yang tengah bertarung untuk mengharumkan nama desa mereka.
Diantara jalur-jalur yang berhasil masuk yakni Jalur Puti Mandi Mayang Taurai Desa Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik peraih juara iven pacu jalur nasional 2009, Jalur Soriak Sarumpun Tolang Batutu Desa Pulau Binjai Kecamatan Kuantan Mudik, Jalur Batu Lompatan Harimau Kompe Desa Kinali Kecamatan Kuantan Mudik, Jalur Sigogar Alam Desa Koto Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik, Jalur Keramat Jubah Merah dari Desa Muaro Sentajo Kecamatan Kuantan Tengah, Jalur Buayo Danau Desa Bandar Alai Kari Kecamatan Kuantan Tengah, Jalur Pendekar Sakti Tumpuan Nagori Desa Kampung Baru Sentajo Kuantan Tengah, Jalur Lilitan Akar Bunga Merah Desa Pulau Kopuang Sentajo Kuantan Tengah, Jalur Dubalang Rajo Mangkuto Alam Desa Muaro Sentajo Kuantan Tengah, Jalur Merak Jingga Desa sawah Kuantan Tengah, Keramat Sakti Alam Bagontar Desa Pulau Komang Sentajo Kuantan Tengah, Jalur Ngiang Kuantan Desa Kampung Baru Gunung Toar, Jalur Upae Shagok Ghimbo Dusun Pasar Baru Baserah Kecamatan Kuantan Hilir, Jalur Siluman Nago Putih Desa Pauh Angit Pangean.
Ketua Umum Panitia Pacu Jalur rayon III Pangean H Nayarlis menyebutkan jumlah jalur yang ikut berpacu sebanyak 70 jalur, terdiri dari Kecamatan Kuantan Mudik enam jalur, Gunung Toar sembilan jalur, Kuantan Tengah 21 jalur, Benai delapan jalur, Pangean 16 jalur, Kuantan Hilir tujuh jalur, Inuman dua jalur dan Singingi satu jalur.
Nayarlis yang juga anggota DPRD Kuansing asal Pangean ini berharap pacu jalur di Kecamatan Pangean berjalan dengan aman dan lancar. Semua jalur dapat mematuhi aturan yang telah ada, menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung di dalam pacu jalur dan sportifitas.
Hal ini juga diungkapkan salah seorang warga Pangean Sukemi SAg. Sukemi yang juga salah seorang tokoh muda Pangean dan mantan anggota DPRD Kuansing ini menyebutkan, tradisi pacu jalur ini memang harus terus disemarakkan masyarakat. Tidak saja di kecamatan Pangean tetapi seluruh masyarakat Kuansing. Karena ini merupakan tradisi dan budaya masyarakat Kuansing yang bernilai tinggi dan sudah berumur 106 tahun.
‘’Jangan sampai dikotori dengan perbuatan yang merusak,’’ ujarnya. Begitu juga dengan soal keamanan dan ketertiban, Sukemi mengajak agar semuanya ikut membantu menjaga ketertiban dan keamanan. Sehingga pelaksanaan tradisi dan budaya masyarakat Kuansing ini bisa terus lestari sepanjang massa.(dac).Source:Riaupos.com