Pages

Subscribe:

Pacu Jalur Inuman, Belum Ada Bantuan Perusahaan

TELUK KUANTAN-Tiga perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Inuman, yakni PT Warna Jingga Timur (WJT) , PT Cerenti Subur dan PT RAPP, belum memberikan bantuan terhadap pelaksanaan budaya pacu jalur di kecamatan tersebut, yang akan yang berlangsung 5-8 Juli mendatang.  "Hingga saat ini bantuan perusahaan belum ada sama sekali pada pacu Inuman. Padahal pacu jalur ini adalah ajang resmi dari kabupaten," kata Camat Inuman, Yulfides,  Kamis (1/7).
Yulfides menambahkan, jauh hari sebelum pacu jalur Inuman ini akan digelar, pihak kecamatan telah melayangkan proposal untuk meminta bantuan kepada perusaahn,  namun sejauh ini belum ada tanggapan dari perusahaan.
Menurut Yulfides, bantuan pihak ketiga seperti perusahaan masih sangat diperlukan dalam event pacu jalur kecamatan, karena anggaran di APBD masih kurang. Bantuan kecamatan katanya, hanya Rp50 juta per rayon selama kegiatan pacu, termasuk untuk hadiah dan kepanitiaan. Sementara kekurangannya, pihak kecamatan mencari dana sendiri, seperti dari masyarakat, perusahaan serta pihak lainnya.
"Kecamatan sangat butuh bantuan dan ini wajar karena perusahaan tumbuh dan berkembang di daerah
Kuansing, khususnya Inuman. Apalagi hutan atau kebun yang mereka garap jumlahnya ribuan hektar," paparnya.
Karena itu, kata Yulfides, dirinya sangat berharap ketiga perusahaan tersebut bisa membantu terlaksananya pacu jalur Inuman ini. Sejauh ini katanya, dalam pelaksanaan pacu jalur tradisional, panitia masih kekurangan dana Rp25 juta. "Total dana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan mencapai Rp120 juta," terang Yulpides.
Sementara itu, terkait jumlah peserta yang akan berlaga di Rayon I yang terdiri dari Kecamatan Inuman, Cerenti,  Kuantan Hilir dan Logas Tanah Darat itu diperkirakan mencapai 60 jalur. mad.Source:Riaumandiri.net