Pages

Subscribe:

Kolam Ikan Tani Sepakat Terbengkalai

TELUK KUANTAN (RP) - Pembangunan kolam ikan milik Kelompok Tani Sepakat Desa Rawang Binjai, Kecamatan Pangean, sampai sekarang masih saja terbengkalai. Padahal, lokasi lahan yang berada di atas lahan seluas lebih kurang dua hektare itu sudah disediakan.

Namun sampai sekarang, belum ada akan dilanjutkan realisasi pembuatan kolamnya. ‘’Masyarakat bertanya-tanya,’’ kata Sukemi SAg kepada Riau Pos, Kamis (1/7) di Teluk Kuantan.
Sukemi mengatakan, dirinya baru mengetahui kondisi fisik pembangunan kolam ikan milik Kelompok Tani Sepakat Desa Rawang Binjai Kecamatan Pangean dari beberapa orang kelompok tani sendiri. Karena itu, mantan anggota DPRD Kuansing ini berharap Pemerintah Provinsi Riau melalui instansi terkait segera merealisasikannya. ‘’Proyek ini adalah proyek provinsi 2009, karena itu kita berharap pihak provinsi segera merealisasikannya. Karena petani sudah berharap sejak lama,’’ tambah Sukemi.
Ini juga dibenarkan Kepala Dinas Perikanan Kuansing Ir Nasri yang dikonfirmasi Riau Pos secara terpisah. Nasri menjelaskan, pada 2009 lalu Kabupaten Kuansing mendapatkan bantuan pembuatan kolam sebanyak 100 petak kolam ikan dari Dinas Perikanan Riau. Rencananya, pembangunan 100 petak kolam ikan ini akan dibangun di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Gunung Toar, Cerenti dan Kecamatan Pangean sendiri. ‘’Termasuk kolam milik Kelompok Tani Sepakat Desa Rawang Binjai Kecamatan Pangean ini,’’ ujar Nasri.
Namun untuk diketahui, proyek 2009 itu, baru sebatas tahap pembuatan kolam ikan saja belum pada tahap penebaran benih ikan.
Rencananya, penebaran benih ikan akan dilakukan pada 2010 ini yang juga melalui paket kegiatan Dinas Perikanan Provinsi Riau. Namun berapa jumlahnya, Nasri belum tahu secara pasti.
Bantuan ini diperuntukan untuk 66 KK di Kabupaten Kuansing di tiga kecamatan tersebut. Namun kapan akan direalisasikan, Dinas Perikanan Kuansing sendiri masih menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Perikanan Riau. Dinas Perikanan Kabupaten Kuansing juga telah menyerahkan data-data calon penerima bantuan.
Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengumpulkan para petani ikan di Kuansing. Karena rencananya, bantuan benih ikan ini akan dibagikan rata pada petani. Bila terjadi kekurangan, rencananya akan disisip dengan benih ikan di Balai Benih Ikan (BBI) Teso Kabupaten Kuansing.(dac)Source:Riaupos.com