Pages

Subscribe:

Deptan Kucurkan Dana Rp2 Miliar

Departemen Pertanian (Deptan) RI, di 2010 ini mengucurkan bantuan sebesar Rp2 miliar pada Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Kuansing. Bantuan tersebut merupakan bantuan program Sistem Integrasi Kelapa Sawit dan Sapi (Siska).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Kuansing Eryswan SPi MSi kepada Riau Pos, Kamis (27/5) di Teluk Kuantan. Menurut Eryswan, terkait dengan bantuan yang di kucurkan Deptan RI tersebut, Disnak Kuansing sudah menyiapkan proposal usulan calon penerima bantuan.
Dalam usulan yang disiapkan Disnak Kabupaten Kuansing, bantuan tersebut diperuntukan untuk Desa Lubuk Ramo, Pucuk Rantau Kecamatan Kuantan Mudik, Desa Sikijang Kecamatan Logas Tanah Darat, Desa Kopah Kecamatan Kuantan Tengah dan Desa Kampung Baru Sentajo Kecamatan Kuantan Tengah.
Besaran bantuan masing-masing Rp500 juta. Bantuan tersebut di kucurkan dalam bentuk dana hibah yang disalurkan melalui rekening kelompok tani. Meski dana hibah, Dinas Peternakan akan membuat perjanjian dengan kelompok tani untuk penggunaan dana tersebut. Karena dana tersebut akan disalurkan kembali ke kelompok tani yang memerlukan.
Program ini, kata Eryswan, dimaksudkan untuk pengintegrasian ternak dengan tanaman. Tidak hanya tanaman sawit, tetapi juga bisa juga palawija dan padi. Dengan sistem pola integrasi ini akan mampu menekan biaya produksi, baik biaya produksi tanaman maupun biaya produksi ternak.
Selain itu untuk jangka panjangnya, akan terbentuk pertanian berkelanjutan. Tidak banyak penggunaan bahan kimia, sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga. Dengan pola integrasi ternak dan tanaman, disatu sisi limbah tanaman tadi akan dapat dimanfaatkan ternak dan sebaliknya kotoran ternak tersebut bisa dimanfaatkan sebagai kompos tanaman.
Di areal ini, akan dibangun rumah pengolahan kompos. Sehingga dengan begitu, dapat langsung dimanfaatkan sebagai pupuk untuk tanaman. Meski pola Siska bisa dimanfaatkan untuk jenis tanaman lainnya, namun untuk tahap awal ini, Disnak Kuansing baru memperuntukan untuk perkebunan sawit.(nto)

Laporan DESRIANDI CANDRA, Teluk Kuantan
desriandicandra@riaupos.com