Pages

Subscribe:

Kuansing Undang Tiga Negara

Even Pacu Jalur
TELUK KUANTAN
-Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Kuantan Singingi, Tarmis mengatakan, pada even pacu jalur yang berlangsung 29 Juli hingga 1 Agustus 2010 mendatang, akan mengundang peserta dari Singapura, Malyasia dan  Brunei Darusalam. "Undangan ini sudah dapat persetejuan dari Bupati dan kita berharap negara yang diundang tersebut keseluruhannya berkesempatan hadir. Undangan ini dirasa perlu sebagai negara tetangga dan untuk lebih mempromosikan pacu jalur ke berbagai negara," ujarnya kepada wartawan, Selasa (18/5).
Disebutkannya, untuk kegiatan pembukaannya telah dikonsultasikan dengan Bupati Kuansing H Sukarmis dan Sekeretaris Daerah Zulkifli. Ditetapkan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan RI Jero Wacik akan hadir.
"Inilah rencana kita untuk pacu jalur tahun ini. Sedangkan untuk hadiah bagi pemenang berupa uang namun hadiah ternak tetap disediakan, sebagai bukti kegiatan tradisional. Selain itu, kita merencanakan hadiah akan ditingkatkan dari tahun sebelumnya, namun berapa angka pastinya belum tahu dan tergantung anggaran," ujarnya.
Sebelum pacu jalur tingkat nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan digelar, diselenggarakan juga pacu jalur mini tradisional selama dua hari sejak tanggal 27 hingga 28 Juli 2010.
Seperti biasanya,  sebelum pelaksanaan pacu jalur tingkat nasional digelar, akan diawali ditingkat rayon di kecamatan. Untuk rayon pertama, yaitu Kecamatan Inuman, Kecamatan Singingi Hilir, Kecamatan Cerenti dan Kecamatan Logas Tanah Darat sekitar tanggal 5 sampai 7 Juli di Cerenti.
Rayon dua, yaitu, Kecamatan Hulu Kuantan, Kecamatan Kuantan Mudik dan kecamatan Gunung Toar dilaksanakan di Desa Sungai Pinang tanggal 15 hingga 17 Juli 2010.
Kemudianm rayon tiga, yaitu Kecamatan Kuantan Tengah Kecamatan Benai dan Kecamatan Pangean diadakan di kecamatan Pangean tanggal 19 hingga 21 Juli 2010.Source:Riaumandiri.com