Pages

Subscribe:

Pendidikan Jadi Prioritas Pemkab

Laporan DESRIANDI CANDRA, Teluk Kuantan
desriandicandra@riaupos.com
Sekda Kabupaten Kuansing Drs H Zulkifli MSi mengatakan, kalau Pemkab Kuansing yang saat ini memasuki usia 11 tahun. Dalam pelaksanaan pembangunan selalu mengutamakan skala prioritas pembangunan di bidang pendidikan. Ini sebagai upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Kuansing ke depannya.

Ini disampaikannya ketika menghadiri syukuran dinegerikannya MAN dan MIN Kecamatan Pangean, Rabu (12/5). SDM, lanjut H Zulkifli, adalah salah satu skala prioritas pembangunan yang dicanangkan di awal-awal pembentukan Kabupaten Kuansing dulunya.
Pemkab Kuansing di 2010 ini tetap konsisten memberikan perhatian lebih di sektor pendidikan, yakni mengalokasikan anggaran 23 persen dari APBD Kuansing di 2010 ini. Tetapi ini bukan saja untuk pendidikan umum, akan tetapi juga soal pendidikan keagamaan.
SDM adalah investasi yang bisa memberikan rangkaian sinergi ke depannya. Pendidikan di bidang agama, maupun kemajuan pendidikan secara umumnya tidak akan lepas dari peran serta orang tua wali murid yang berkewajiban dalam memajukan pendidikan. Selanjutnya adalah peran serta dari tokoh masyarakat dan anggota masyarakat yang peduli dengan pendidikan seperti Yayasan Darussalam Pangean ini.
Sementara komponen terakhir yang berperan penting dalam memajukan pendidikan adalah, pemerintah. Terkait dengan pengembangan sekolah yang diusulkan pihak yayasan, H Zulkifli, menilai kalau itu cukup sulit. Karena lahannya yang sangat sempit. Karena itu pemerintah kecamatan, tokoh masyarakat Pangean dapat membantu melakukan pembebasan lahan untuk pengembangannya. ‘’Insya Allah di 2011 bisa kita anggarkan,’’ ujarnya.
Namun soal pembebasan lahan tersebut, pemerintah mengharapkan dengan harga yang wajar. Kemajuan pendidikan ini, juga tergantung pada anak didik, orang tua untuk memajukan sekolah. Usai di negerikan, yang selanjutnya perlu diperhatikan adalah soal kualitas pendidikan.
Kanwil Kementerian Agama Riau H Asyari Nur menyebutkan kalau Kecamatan Pangean termasuk kecamatan spesial di Indonesia. Karena, di sini ada MTs, MIN, MAN. Pembangunan agama paling cepat dan mudah. Karena sebagian sarana yang diperlukan untuk pendidikan keagamaan tersebut, seperti masjid, musola sudah dibangun masyarakat.
Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang keagamaan ini, Kementerian Agama Riau komit melakukannya. Ini dibuktikan dengan di sekolahkannya sejumlah orang yang memiliki prestasi dan potensi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tidak saja di perguruan tinggi di Pulau Jawa, tetapi juga di perguruan tinggi yang ada di luar negeri, seperti ke Negara Australia, New Zeland dan lainnya.
Pihaknya juga komitmen untuk ‘’mengawal’’ keberadaan MAN di Riau. Untuk mengatasi kekurangan guru, Kanwil Kementerian Agama Riau telah mengancang-ancang kebijakan dalam perekrutan guru di MAN yakni, perekrutannya dilakukan langsung oleh sekolah. Sehingga guru yang di tempatkan bisa konsentrasi dalam proses belajar mengajar dan tidak berpindah-pindah.(nto)