Pages

Subscribe:

7.500 Calon Siswa Baru akan Direkrut

7.500 Calon Siswa Baru akan Direkrut

Laporan DESRIANDI CANDRA, Teluk Kuantan desriandicandra@riaupos.com
Sesuai dengan keputusan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kuansing, terhitung 28 Juni hingga 2 Juli 2010, dilakukan Penerimaan Siswa Baru (PSB). Sejumlah calon siswa baru pun berdatangan mengikuti pendaftaran.

Bahkan untuk jenjang pendidikan SMP/MTs dan SMA/SMK, jumlah siswa baru yang akan direkrut diperkirakan mencapai 7.500 orang siswa baru. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kuansing Drs H Alwis MSi melalui Kabid Menengah Umum dan Kejuruan Drs H Yuli Hermanto MM yang dikonfirmasi Riau Pos, Senin (28/6) di Teluk Kuantan.
Menurut Yuli Hermanto, untuk jenjang pendidikan SMA/SMK sederajat, daya tampung sekolah diperkirakan akan mampu menerima siswa/siswi baru untuk tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 3.000 orang.
Sementara untuk jenjang pendidikan SMP/MTs sederajat, diperkirakan sekitar 4.500 orang siswa/siswi baru. ‘’Kalau untuk tingkat pendidikan SMA dan SMP sederajat, daya tampung diperkirakan sekitar 7.500 orang,’’ ujarnya.
Sementara untuk jenjang pendidikan SD dan TK, Yuli menyebutkan, ini ditangani bidang TK/SD. Menyinggung soal biaya pendaftaran, Yuli Hermanto menjelaskan, untuk jenjang pendidikan SD dan SMP biaya pendaftaran gratis. Karena sudah dianggarkan dalam dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk penerimaan siswa baru.
Tetapi untuk jenjang pendidikan SMA sederajat, tidak digratiskan. Karena tidak ada dalam BOS. Sehingga besaran biaya pendaftaran yang dipungut sebesar Rp10.000. Namun bila dilaksanakan tes tertulis, besaran biaya Rp10.000 tersebut tentunya tidak akan memadai untuk cetak soal. Sehingga diperlukan biaya tambahan.
Besaran biaya tambahan, tidak ditentukan Disdik Kuansing. Melainkan diserahkan pada kebijakan masing-masing sekolah. Dengan catatan dalam batas kewajaran dan tidak memberatkan orang tua murid.
Pengumuman penerimaan siswa baru, diperkirakan akan sudah diumumkan sekitar 3 Juli mendatang. Sementara untuk kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) secara serentak. Sementara untuk kegiatan pembelajaran, seluruhnya sudah akan dimulai terhitung 12 Juli 2010. ‘’Semua kegiatan belajar sudah dimulai 12 Juli secara serentak,’’ ujarnya.(nto)Source:Riaupos.com