Pages

Subscribe:

Jembatan Tolang Mulai Ditangani Provinsi

TELUK KUANTAN (RP) - Jembatan Tolang Desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi, saat ini mulai di tangani pihak Provinsi Riau pengerjaannya. Pasalnya, status jembatan Tolang yang berada sekitar 12 kilometer dari ruas jalan Muara Lembu, merupakan jalan provinsi.

Di awal bulan Mei ini, jembatan tersebut putus. Sehingga tidak bisa dilalui masyarakat setempat, begitu juga akses mengangkut hasil produksi tanaman karet dan sawit keluar.
Namun dalam waktu satu atau dua pekan ke depan, jembatan ini sudah mulai kembali bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat serta kegiatan masyarakat setempat. Ini diungkapkan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumberdaya Air Kabupaten Kuansing Sabri SSos melalui Kabid Bina Marga H Nuzirwan yang dikonfirmasi Riau Pos, Ahad (30/5) di Teluk Kuantan.
‘’Sudah. Pihak provinsi sudah mulai mengerjakannya saat ini,’’ ujarnya. Saat ini, dari hasil pengecekan lapangan, pihak Provinsi Riau sudah mulai mendroping kayu-kayu jembatan, untuk mengganti yang sudah rusak dan hancur. Jembatan Sungai Tolang tersebut berukuran panjang 11 meter.
Untuk saat ini, pihak Provinsi Riau baru bisa mengganti jembatan Sungai Tolang yang juga terbuat dari kayu tersebut dengan jembatan kayu yang baru. Ini mengingat tidak memungkinkan lagi untuk pembangunan jembatan permanent atau box culvert yang diminta masyarakat. Pasalnya, semua kegiatan APBD Riau 2010 sudah teranggarkan semuanya untuk berbagai kegiatan.
Meski begitu, Pemkab Kuansing tetap berharap pada tahun anggaran murni APBD 2011 mendatang, jembatan Sungai Tolang Desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi bisa diganti dengan jembatan permanen. Karena, meski diganti dengan jembatan kayu namun ketahanan tidak akan terlalu lama.
‘’Posisi sekarang tidak memungkinkan masuk perbaikan jembatan permanen 2010 ini, karena anggarannya sudah terklop seluruhnya. Tapi kita minta pada pihak provinsi ini dimasukan penganggarannya untuk 2011 mendatang,’’ ujarnya.
Pembangunan dan perbaikan jembatan Sungai Tolang sekarang, sebagai langkah sementara agar akses jalan dan ekonomi masyarakat tidak lumpuh, akibat putusnya jembatan Sungai Tolang ini. Selain mmperbaiki jembatan Sungai Tolang yang sudah putus ini, pihak Provinsi Riau juga melakukan perbaikan satu unit jembatan kayu yang juga sudah rusak, yang berada di ruas jalan menuju Desa Pangkalan Indarung sebelum jembatan Sungai Tolang.(dac). Source:Riaupos.com