Pages

Subscribe:

Jemaah Calon Hahi (JCH) Kuansing Alami Penurunan

Laporan DESRIANDI CANDRA, Teluk Kuantan desriandicandra@riaupos.com
Jumlah Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kuansing yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah tahun ini, mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Beradasarkan data dari kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuansing, jumlah JCH Kuansing hanya berjumlah 240 orang. Dibandingkan musim haji 2009 lalu sebanyak 250 orang, berarti tahun ini mengalami penurunan sebanyak 10 orang. ‘’Memang sedikit mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya,’’ kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuansing Drs H Syafrudin yang dikonfirmasi Riau Pos, Ahad (20/6) di Teluk Kuantan.
H Syafrudin menjelaskan, meski saat ini jumlahnya mengalami penurunan, tetapi masih belum final. Karena, data pasti akan diketahui menjelang-jelang keberangakatan haji. Sebagaimana di ketahui, sistem penentuan jatah haji daerah, bukan lagi berdasarkan kuota. Melainkan berdasarkan sistem antrean. Karena itu, siapa yang cepat mendaftar dirinya untuk menunaikan ibadah haji, maka paling berpeluang mendapatkan tiket duluan menunaikan ibadah haji ke tanah suci.
Bahkan, dari daftar antrean yang di terima Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuansing, saat ini sudah menunggu daftar antre sebanyak 1.200 orang. Jumlah tersebut akan direalisasikan pula secara bertahap.
‘’Untuk Kabupaten Kuansing, juga belum diketahui jatahnya berapa. Karena akan dilihat antreannya di tingkat Provinsi Riau. Artinya jumlah untuk tahun depan sudah terpenuhi. Ini bisa jadi meningkat atau menurun,’’ ujarnya.
Menyinggung soal kapan akan dilaksanakannya manasik haji, Syafrudin menyebutkan jadwal untuk pelaksanaan kegiatan manasik haji di daerah belum diterima pihaknya. Melainkan masih menunggu dari Kementerian Agama RI melalui Kantor Kementerian Wilayah Agama Riau.
Meski demikian, 12 kecamatan di Kabupaten Kuansing sudah melaksanakan pra manasik haji di tingkat kecamatan. Kegiatan pra manasik haji di tingkat kecamatan, dilakukan sistem rayon. Kecamatan Kuantan Benai, Kuantan Tengah, Singingi dan Singingi Hilir pelaksanaan pra manasik haji tersendiri. Sedangkan Kecamatan Cerenti, Inuman, Pangean, Logas Tanah Darat, dan Kuantan Hilir satu rayon, kecamatan Gunung Toar, Hulu Kuantan dan Kuantan Mudik satu rayon. ‘’Pusatnya akan dilakukan manasik haji di Teluk Kuantan yang diperkirakan sebelum memasuki Ramadan,’’ terang Syafrudin.(nto) .Source:Riaupos.com